Friday, August 10, 2018

BUNYI KLUTUK - KLUTUK DIKAKI BELAKANG E36


Sangat tidak nyaman dan tidak enak didengar jika sedang berkendara mengalami bunyi klutuk - klutuk yang terdengar dibagian bekalang, bunyi tersebut muncul ketika kita melewati jalan rusak atau tidak rata.
Dari analisa diatas dapat disimpulkan kerususakan terindikasi pada bagian kaki belakang atau sistem peredam roda belakang mengalami mal fungsi. Coba kita uraikan dari mana asal bunyi tersebut.
BACA SELENGKAPNYA >>>


1. Shockbreaker Mati, ini merupakan kejadian atau kerusakan yang paling banyak ditemukan karena usia pemakaian dan sering melewati jalan rusak, Jika shockbreaker mati maka ketika melewati jalan berlubang maka pegas/per tidak dapat terderam maka akan menghasilkan pantulan per dengan spontan. efeknya akan mengeluarkan bunyi tersebut. Cara mengetes sok dalam keadaan baik atau tidaknya cukup anda tekan sampai dalam jika tidak kembali ke posisi semula maka sok sudah mati. dan tidak ada tekanan apa2 bila ditekan alias lolos.

2. Link Stabil, Jika pada shockbreaker tidak ditemukan kerusakan, maka link stabil komponen selanjutnya yang akan dilakukan pengecekan. Ciri kerusakannya karet bos sudah kendor, oblak atau bahkan sudah hancur.

3. Karet busing arm, Komponen ini mungkin jarang sekali terdengar kerusakannya namun tidak ada salahnya untuk mengeceknya karena pada suatu kasus banyak di temukan busing arm dalam keadaan rusak.


Dari ketiga poin analisa diatas semoga membantu dalam memecahkan problem yang anda alami. terima kasih sudah mampir dan membaca blog ini.

No comments:

Post a Comment