Friday, January 1, 2016

PENYEBAB EXTRA FAN BMW E36 M43 MATI



Extra fan merupakan komponen pendingin pada mesin nertugas mengelirkan udara agar mesin dan radiator menjadi dingin, Lalu pernah anda mengalama extra fan tidak bekerja atau tidak berputar dan akibatnya mesin menjadi over heat.

Pada mesin bmw E36 dengan type mesin 318/M43 tidak seperti pendahulunya yang menggunakan fan yang terhubung langsung dengan mesin menggunkan van belt atau yang biasa disebut viscovan dan memiki extra dan tambahan,  Pada mesin M43 Extra fan menjadi sangat penting, karena hanya satu satunya pendingin udara pada mesin ini yang digerakkan dengan arus listrik.

Bagaimana cara mengecek sistem ini ?, yang pertama anda lakukan adalah mencari saklar yang bertugas menyalakan extrafan mulai dari relay, dan temperatur switch, Pertama anda cek relay terlebih dahulu, yang terdapat pada box sikring dibagian mesin, berikut denah untuk relay tersebut.
Terdapat 2 relay untuk menghidupkan extra fan yaitu low speed dan high speed, Fungsinya bila mesin dalam keadaan sangat panas maka otomatis relay high speed bekerja untuk menaikan RPM extrafan, dan juga sebaliknya untuk relay low speed. Jika relay sudah tidak berfungsi maka anda dapat megganti relay tersebut, Jika relay sudah dipastikan benar, dan extrafan masin belum berputar, maka cara berikutnya adalah jumper soket extra fan langsung ke arus pada baterai, hasilnya jika extra fan berputar maka extra fan berfungsi dengan baik, mengecek dengan menjumper lakukan pada kedua kabel yaitu low speed dan high speed, Extra fan hanya memiliki 3 kabel, 1 masa/griund, 2, arus + low speed, 3 arus + high speed.

Jika dalam pengetesan extrafan tidak bekerja maka dipastikan extra fan sudah mati, anda harus megganti extra fan tersebut,

Jika extrafan berputar dengan cara menjumper, maka ada satu komponen lagi yang harus anda cek, yaitu switch extra fan, switch ini bekerja secara otomatis mengikuti suhu air radiator yang mengalir dari mesin, letaknya menempel pada badan radiator di sebelah kiri radiator, Pada switch ini terdapat 3 kabel yang 1, sumber arus + dari baterai, 2, Arus + untuk low speed, 3 arus + untuk High Speed, Sama seperti dengan di atas mengeceknya dengan menjumper ketiga kabel tersebut, Misalnya kabel arus masuk dihubungkan dengan kabel low speed. atau kabel arus masuk dengan kabel high speed. jika pada pengetesan extra fan berputar berati extra fan dalam kondisi baik.

Nah untuk mengetes swicth tersebut dengan cara merebus ujung switch dengan temperatur 80 s.d 100 drajat Celcius,  Tes dengan menggunkan tester pada kebel arus masuk dengan low speed atau arus masuk dengan high speed, jika pada suhu terstentu tester menjukan nilai maka switch bekerja dengan baik.

Peran termostat pada mesin M43 sangatlah penting jadi jangan sekali - kali agan melepas termostat pada mesin ini, akibatnya switch tidak akan bekerja pada suhu tertentu. 

Selamat mencoba.


23 comments:

  1. Makasih bayak gan artikelnya sangat membantu, gan mobil saya habis terbakar, sesuai dengan postingan anda dan
    Sekring sdah banyak yang hangus, trus kioas pendingan radiator tidak berputar, apakah saya harus ganti fux bose nya gan, mobil saya bmw 318i, mohon pencerahan gan makasih, alamat email saya, adityaindo45@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan bisa contact saya aja gan untuk informasi lebih lanjut ada dimenu contact. Tergantung kerusakannya gan.

      Delete
  2. maaf gan mau tanya, bmw saya type E46 seri 3 ac nya mati. bahkan gk keluar udara sama sekali di dashboard, tp yg saya dengar ketika mesin dinyalakan dan tombol ac di on kan otomatis ac nya fungsi, bahkan suara mesin kadang langsam nya tinngi kadang rendah. mohon info nya ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar Resistor blowernya mati gan, COba perhatikan pada saat fan speed disteel ke yang paling tinggi ada perubahan tidak.
      Sekalian cek puly kompresor ikut berputar dengan mesin tidak. Jika berputar kompresor aman. Masalah pure di resistor blowernya.

      Delete
  3. Om Dede,Mobil saya 318 E36,bertanya nih Om,kalau hidup mesin ngak pakai ac,apakah fan akan bekerja.klu bekerja pd suhu brpa ya,ni mobil sy,off ac,suhu sudah panas tapi kok ngk mutar ya fan,temperatur tetap normal setengah.please advasenya Om,salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. E36 M40 Fan mengikuti putaran mesin menggunakan visco fan, dan menggunakan bantuan extrafan yang tujuannya membantu pendinginan radiator dan condensor ac dan bekerja pada saat ac on atau mesin dalam keadaan suhu tertentu(panas).
      Sedangkan E36 M43, hanya menggunakan fan elektrik bekerja sama dengan extrafan pada mesin M40,

      Delete
  4. blog nya keren ... save as favorit

    ReplyDelete
  5. Artikelnya sangat membantu..

    Tapi masih ada pertanyaan dari saya yg masih awam ini gan..
    Untuk suhu thermostat standar m43 berapa ya gan ??

    Krn di pasaran banyak yg jual dgn suhu yg berbeda-beda pula..

    Mohon pencerahannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Termostat stadart di suhu 92 drajat untuk mesin kondisi sehat, biasanya mekanik mengakali dengan termostat dengan suhu 88 drajat supaya bukaan katup akan lebih cepat di suhu tersebut, Pandangan saya suhu 92 drajat cocok di iklim eropa yang dingin, di indonesia menggunakan 88 saya kira lebih cocok, Logikanya suhu udara luar mempengaruhi pendinginan mesin.

      Delete
  6. Mobil saya bmw type e36 seri 5...air radiotornya tidak mengalir. Saya sudah coba blaading namun air dan udara menyembur dari lubang kecil lalau air dipenampungan berkurang dan selang sirkulasi bawah tidak terisi. Mohon bantunnya bos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar termostat tidak bekerja sebagaimana mestinya, coba cek atau ganti dengan yang baru

      Delete
  7. Saya baru beli BMW 318i e48 mau Tanya pak..extra fan saya kalo di test di bagian listrik yg dari module fan ke kipasnya listriknya nyala 2-2 nya (+) nah itu berakibat extra fan saya tidak berputar...bisakah di betulkan extra fan saya teima

    ReplyDelete
  8. Suhu normal pada switch extra fan BMW E36 M43 itu berapa ya, soalnya yg dijual dipasaran beda2, ada yg 80-88 dan ada yg 91-99.
    Yg aman digunakan untuk BMW E36 M43 itu berapa yaaa, apakah 80-88 atau 91-99. Atau dua2nya aman digunakan.
    Mohon pencerahan dan tks banyak sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk yang cocok digunakan di iklim indonesia pilih yang 80 88

      Delete
  9. Maaf gan mohon pencerahannya, mobil saya BMW E36 type 318, problemnya jika buat perjalanan agak jauh posisi AC on kipas tiba2 mati dan mesin menjadi overheat, tp jika posisi AC off kipas bekerja secara normal, biasanya letak permasalahannya ada dimana ya gan, terimakasih sebelumnya atas perhatiannya...

    ReplyDelete
  10. Misi gan mau nanya nh extra fan e36 m43 ad yg bisa repair motor y ngk soal y kmarin konslet ngebul d motor y gan,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada dasarnya semua motor bisa diperbaiki, Tapi baiknya diganti saja gan. karena hasil repair tidak akan tahan lama.

      Delete