Kondisi cuaca di indonesia kian tahun makin panas, Suhu udara semakin tidak menentu, Bagaimana ini terjadi jika suhu tersebut berada didalam kabin mobil anda, bisa kebayang kan panasnya.
Ok postingan kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengisi freon pada BMW E36, Ngomong2 soal freon pada BMW E36 terdapat 2 type freon yaitu R22 atau R134, R22 merupakan jenis freon lama yang kurang ramah lingkungan, untuk itu digantikan dengan freon R134 yang ramah lingkungan dan digunakan sampai saat ini,
Nah di E36 anda ada yang masih menggunakan freon jenis R22, Lalu apa perbedaan dari kedua jenis tersebut, Nanti akan saya bahas di postingan berikutnya, Yang akan dibahas kali ini adalah bagaimana cara menentukan apakah mobil anda menggunakan freon R22 atau R134, Perbedaan paling mendasar adalah dari tempat pengisian freon anda, Jika anda menggunakan R22 maka anda tidak perlu lagi menggunakan coupler atau converter R22 ke R134 jika anda menggunakan manipul type R22, akan tetapi jika anda sudah menggunakan manifold R134 maka tidak perlu anda gunakan coupler lagi.
Berikut adalah contoh gambar alat - alat Pengisian freon.
Manifold
Pembuka Kaleng Freon R134 & Coupler
Freon R134 Kaleng
Rangkaian Sistem Pengisian Freon
Pemasangan Pada BMW E36
Ok Setelah mengenal semua alat yang akan di gunakan saya akan jelaskan cara pengisiannya.
1. Pasang pembuka kaleng freon. Ingat jangan di tusuk dahulu.
2. Pasang selang kuning dari kaleng freon ke manifold di lubang tengah.
3. Pasang coulpler warna biru ke selang warna biru, dan hubungkan ujung satunya ke manifold
4. Pastikan semua kran dalam keadaan tertutup.
5. Sambungkan coupler ke soket low presur pada mobil anda. Terlihat seperti gambar dibawah.
6. Setelah semua terpasang.
7. Nyalakan mesin mobil anda, Kemudian lihat jarum pada gauge di manifold biasanya menujukan angka antara 10 sampai 60bar, Jika sama sekali tidak ada freon tekanan bisa dibawah angka 10 bar.
8. Hidupkan AC mobil anda,
9. Buka kran kaleng freon, Caranya untuk melubangi kaleng putar searah jarum jam hingga berlubang, Kemudian putar berlawanan arah jarum jam sehingga lubang tadi akan terbuka dan freon akan mengalir ke sistem mobil anda,
10. Buka pelan - pelan berlawanan arah jarum jam pada manifold warna biru. Pada bagian tengah manifold akan terlihat aliran freon yang mengalir seperti air, menadakan freon masuk ke sistem ac mobil anda.
11. Cek pada kabin mobil anda sudah ada tanda2 dingin atau tidak, Habiskan isi freon pada kaleng, Tekanan freon setelah di isi jangan melebihi 30 Bar. Jika melebihi berarti kelebihan freon, Maka anda harus menguranginya.
12. Catatan : Pelan pelan dan sedikit demi sedikit dalam membuka kran di manifold.
13. Selesai Semoga artikel ini bisa membantu.
Untuk yang masih menggukan Freon R22 silahkan anda beli freon R22. Pada prinsipnya sama, Hanya berbeda pada soket pengisisannya saja.
brapa kah pengisian tekanan high dan low yg ideal?
ReplyDeletekalau di tinjau dr artikel datas jgn sampe lebih 30 bar untuk hi pres nya.nah
high ny yg pas di angka brapa krna kan ada hub dgn switch yg tertancap di dryer dgn tek low p dan hi p.
trims