Saturday, September 3, 2016
MESIN BISA STARTER TIDAK MAU HIDUP BMW M40
Pada kasus ini pernah saya alami ketika mobil dalam keadaan normal dan tidak ada gejala - gejala mobil mogok, Karena mobil sehabis digunakan seperti biasa, setelah diparkir 2 hari, tiba - tida mobil tidak bisa hidup. Di starter bisa akan tetapi tidak ada reaksi apa - apa, dan tidak ada tanda - tanda mesin akan hidup.
Pengecekan pun dimulai, pengecekan kondisi mesin dalam posisi seperti ini adalah dari 4 point penting yaitu pengapian, bahan bakar, elektrikal dan udara, dari point tersebut bisa kita analisa dari mana mesin tidak bisa hidup.
Langkah - langkah pengecekan.
1. Cek pengapian
Langkah ini dilakukan untuk mengecek pengapian dari busi, caranya anda lepas busi kemudian hubungkan dengan kabel busi lalu dekatkan ke body mobil dan starter, lihat apakah ada percikan api pada busi tersebut, jika ada dipastikan pengaian normal, jika tidak berati sebaliknya.
a. Jika ada pengapian ( Masalah Selesai )
b. Jika tidak ada pengapian, Anda mesti mengecek mulai dari koil hingga ke ECU. untuk type mesin BMW M40 anda cek distributornya.
2. Cek Bahan Bakar
cara ini cekup mudah, anda hanya cukup mengecek tekanan pompa bensin yang mengalir ke mesin, jika tidak terdapat tekanan maka, terjadi kesalahan pada sistem bahan bakar anda,
a. Fuelpump / Pompa bensin tidak bekerja
b. Relay/sikring rusak/putus
c. Bahan bakar kosong.
d. Periksa selang bahan bakar
3. Cek Udara
Pada pengecekan udara dilakukan dengan pengecekan jalur masuknya udara ke sistem bahan bakar / injeksi / karburator mobil anda, cukup dengan membersihkan atau mengganti filter udara mobil anda.
4. Cara terakhir Kelistrikan Elektrik
Cara ini adalah cara pamungkas jika dari ke tiga point diatas belum menemukan solusinya. yaitu dengan mengecek ECU, untuk mengecek komponen ini coba anda tukar ECU anda ke mobil dengan jenis yang sama.
Dari point diatas masalah yang saya temui adalah dengan mengecek pomp bensin dan ternyata soket arus litrik pompa bensin karatan/korosi yang menyebabkan arus ke pompa bensin tidak ada.
Semoga postingan ini bermanfaat, Untuk konsultasi silahkan ke menu Contact,
Artikel Terkait
Label:
ECU,
Elektrikal,
Elektrikal E36,
Filter,
Fuel Pump,
M40,
Mesin,
Pompa Bensin
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
mas jika arus min pada koel hilang nurutnya kemana
ReplyDeleteCoba ukur menggunakan tester tempelkan ke body mobil ada hubungan tidak ?
ReplyDeleteSaya juga ngalami hal yg serupa, apakah ada pengaruhnya di kabel busi dalam pengapian hingga mobil tidak bisa hidup?
ReplyDeleteKabel busi dapat diukur dengan alat ukur tegangan. Kabel busi sangat jarang tejadi kesahan dalam pengecekan. Pada intinya jika ada busi yang mati 1 atau 2 pun mesin masih bisa hidup. Di bmw kemungkinan terburuknya disistem kelistrikan elektroniknya misal di modul ews atau di ecunya. Solusi tepat untuk mengatasinya diagnosa ddengan komputer.
ReplyDeleteOm mau nanya jg ni, bmw e34 pnya saya kmren tiba2 pas lg buat jln mati dn di starter tdk mau hidup, udh 2 x ini sering mogok, wkt di cek dr pengapian ada, pompa bensin hbs gnti juga, sma cek semburn bensin jg ada mau keluar lh, tp mslh.a bisa di starter tp gk bisa hidup mesin.a knp ya?
ReplyDeleteE34nya tahun Berapa ? Kecurigaan di EWS yang udah mulai bermasalah.
DeleteTes
ReplyDeleteMaaf agan agan saya mau tanya mobil saya bmw 318i e36 m 40 lagi jalan mau over ke gigi 3 tiba tiba mati..,
ReplyDeleteMobil di setater bisa tapi gak mau hidup
Apa ya kendalanya
Mekanik saya bilang teming bel putus karna pas di setater tensioner teming bel gk ikut muter apa benar teming belt atau yang lain nya
Mohon penverahan nya secepat nya
Mobil mati 2 hari yang lalu
Untuk memastikan timing belt putus harus dibongkar bagian depan melihat gear timing belt ikutur berputar tidak jika as crukas diputar,
DeleteJika ikut berputar timing belt tidak putus. cek pompa bensin.