Pengalaman ini terjadi saya alami pada saat hendak keluar kota, Saat itu saya hendak mendahului kendaraan didepan secara spontan dan menekan gas dalam dalam, ketika sudah mendahului tiba - tiba mesin mendadak hilang tenaga dan mati. Akhirnya saya pinggirkan mobil, Dengan perasaan panik, Saya perkir dipinggir jalan.
Saya coba tenangkan pikiran dahulu, kemudian buka kap mesin seperti tidak terjadi apa2, sampai saya cek kolong mobil tidak ada yang aneh, Sempat terfikir terdapat komponen mesin yang lepas, karena mesin tbergetar hebat ketika dinyalakan. panik bukan main saat itu. Kemudian saya cek satu per satu mulai dari :
- Kabel busi
- Koil
- Air radiator
- Oli mesin
- Sikring2
Semua aman dan tidak ada yang bermasalah, kemudian saya coba kembali menyalakan mesin, dan ternyata masih sama mesin bergetar dan langsung mati.
Setelah itu saya coba cek air flow, dan ternyata katup / troutle pada air flow nyangkut di paling atas. artinya troutle dalam keadaaan terbuka lebar. dan pada intinya supply BBM dan udara tidak seimbang. Dan utungnya kenapa saya dapat melihat troutle tersangkut karena airflow sudah saya modif tutupnya menjadi transparan, jadi semua komponen dalam bisa terlihat jelas.
Setelah saya lepas troutle saya tarik dikembalikan ke posisi semul, dan memang jika saya tekan ke posisi terbuka terjadi gesekan (Seret) Solusinya membersihkan dengan WD dan member pelumas rantai. Akhirnya ketika mesin saya nyalakan kembali normal, dan perjalanan kembali saya lanjutkan
ini menjadi pengalaman yang sangat berharga. semoga pembaca dapat gambaran dan ilmu tambahan dari pengelaman saya.
Tuesday, April 26, 2016
MOBIL MOGOK MESIN BERGETAR HEBAT DAN TIDAK BISA LAMSAM
Artikel Terkait
Label:
Air Flow,
E36,
Engine,
Engine E36,
M40,
Problem Solved
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Wow... Gimana caranya bikin tutup airflow jadi transparant om???
ReplyDeleteGampang. Sediakan akrilik atau mika seukuran tutup air flow. Jelasnya ada dipostingan saya coba cari modif airflow
ReplyDelete