Merk: BMW
Model: Seri 3 E36 (318i,320i,323i)
Transmisi: Manual 5 percepatan & Otomatis 5 percepatan
Tahun Pembuatan: 1992-1999
Harga Baru: –
Harga Second: 50-100 jt (tergantung mesin)
Spesifikasi Kendaraan:
RWD, ABS, EBD, Airbag, ASC (323i only), VANOS (6 Cylinders Only)
1800cc = 115hp & 165Nm, 4 Silinder
2000cc = 150hp & 190Nm, 6 Silinder
2500cc = 170hp & 256Nm, 6 Silinder
Ulasan:
BMW E36, Tak ada kata-kata lain yang bisa dikatakan selain “the ultimate driving machine”, mobil ini adalah bentuk nyata dari keseriusan BMW saat membuat mobil untuk pengendara ( driver’s car ).
Sama juga dengan generasi sebelumnya BMW E30, BMW E36 ini merupakan penyempurnaan dari teknologi serta hasil pada generasi sebelumnya. Seluruh pengamatan serta feedback pengguna BMW E30 ditampung serta jadikan nyata saat membuat BMW E36 ini.
Hasil yang diperoleh bukan satu hal yang biasa, dengan bobot distribusi 50-50 dengan mesin apa pun, mobil ini memiliki handling yang kian lebih spektakular. Mobil ini dapat dibuktikan ketangguhannya dalam balap-balap professional ataupun pemula.
Bukan hanya sekedar itu, mobil ini bisa disebut sebagai seri 3 pertama yang betul-betul nyaman untuk penumpangnya. Dengan area kaki belakang yang cukup serta bagasi yang luas membuatnya betul-betul praktis. Namun mobil ini bukan hanya tanpa kelemahan, model tahun awal ( 1992-1994 ) memiliki masalah pada kualitas interior dengan bunyinya dashboard ( apalagi dari pabrik walaupun ).
BMW E36 merupakan salah satu di antara sedan yang aerodinamis pada musimnya, bila dilihat dari samping tampak garis bodi serta silhouette yang layaknya angin terlebih bila di perhatikan design bagasi yang agak mencuat kebelakang layaknya tersapu angin.
Positif:
Positif:
- Bentuk bodi yang atraktif
- Mesin 6 silinder bertenaga
- Suspensi pas
- Handling yang sempurna- Praktis
- Interior sunyi
Negatif:
- Kokpit terkesan sempit
- Kualitas interior tidak konsisten
Ringkasan:
Tidak ada yang bisa dikatakan selain “Ultimate Driving Machine”.
Pendapat ReviewMobils(subjective):
Jika anda hobi dalam berkendara, inilah mobil yang tepat untuk anda. Sebelum memilih mobil lain, saya rekomendasikan untuk mencoba test drive mobil ini dahulu.
Saya pernah memiliki kesempatan untuk mencoba 318i, 320i, dan 323i. ReviewMobilsSangat sarankan untuk mengambil minimal seri 320i. Karena tenaga dengan bobot yang ditawarkan sangat tepat, sebab mesin 1800cc di 318i terlalu kecil dan kurang hidup untuk mobil ini. Saya juga menyarankan transmisi manual jika ingin merasakan semua potensial dari E36.
Kemudian, jika meninginkan mobil ini coba pilih yang diatas tahun 95 atau 320i yang tahun 92/93 yang belum VANOS, karena anda akan dapat merasakan bedanya dan hentakannya tentunya.
Saya tidak bisa mengatakan seperti apa rasanya menggunakan mobil ini. Namun inilah mobil ternyaman dan sempurna dalam urusan handlingnya dari semua mobil yang pernah saya coba. Dan sampai saat ini predikat terbaiknya masih dipegang oleh mobil ini.
Review Mobil BMW E36 323i AT
Merk: BMW
Model: 323i AT
Transmisi: AT 5 Speed
Tahun Pembuatan: 1997
Harga Baru: Ga tau
Harga Second: 60 – 100 jt-an (tergantung Kondisi)
Untuk gambar sama dengan ulasan E36 sebelumnya
Spesifikasi Kendaraan:
Spesifikasi Mobil BMW E36 323i AT
Engine : Inline 6
Engine Code : M52B25
Fuel : Petrol
Fuel System : Siemens DME MS41.0
Engine Alignment : Longitudinal
Drive : RWD
Displacement : 2497 cc
Bore x Stroke : 84 x 75 mm
Type : 24 Valves
Compression Ratio : 10.5 :1
Output : 170 hp (125 kW) @ 5500 rpm
Torque : 245 Nm (180 lb.ft) @ 3950 rpm
Front Brakes : Vented Discs (286 mm)
Rear Brakes : Vented Discs (275 mm)
Kerb Weight : 1385 kg
Front Suspension : McPherson struts
Rear Suspension : Multi-Link Z-Axle
Top Speed : 227 km/h (141 Mph)
VANOS
Dual zone digital AC
Tirai Belakang
Single Airbag
ASC+T (Automatic Stability Control+traction) , seperti VSA pada honda CRV baru
ABS
Multivex Electric mirror + heater
Spion tengah anti silau ( ga perlu mode siang-malam, ga tau istilahnya )
Onboard Computer
Drive by wire
Lampu depan proyektor
Std Emisi EURO 2
Ulasan:
Flagship BMW E36 yang masuk secara resmi ini merupakan jawaban BMW pada zamannya untuk memberikan suatu solusi untuk mereka yang menginginkan sebuah sedan yang kompak namun dengan teknologi dan fitur yang segudang serta memiliki performa yang terbaik di kelasnya.
Dikarenakan konfigurasi mesin yang menggunakan mesin 6 silinder segaris dan 2500cc membuat kap depan mobil ini terasa sangat panjang serta banyak orang yang mengkategorikan mobil ini ke kelas medium size sedan, sementara dari dimensinya, mobil ini masuk ke dalam kelas small executive sedan ( setelah anda mencoba untuk mengendarai mobil ini maka anda akan merasakan bahwa mobil ini adalah mobil yang tidak terlalu besar)
Dengan karakter mobil yang sport maka tidaklah heran posisi mengemudi mobil ini benar-benar seperti mobil sport. Dengan posisi duduk yang sangat rendah walaupun untuk beberapa orang hal ini cukup mengganggu. Bentuk body yang sama persis dengan 318i membuat banyak orang mengira 318i dan banyak orang yang tidak tahu akan perbedaanya dengan 318i padahal secara performa dan fitur mobil ini jauh diatas 318i.
Positif :
Body tidak begitu besar
Radius putar
Handling + rem
Performa std cukup baik (mesin 2500cc di mobil kecil)
Peredaman
Mesin 6 silinder yang halus dan hampir tanpa suara walaupun dijalankan pada rpm tinggi suara juga tidak terdengar seperti mesin yang meraung (dengan catatan mesin sehat )
Perawatan yang terjangkau dikarenakan mulai banyak parts aftermarketnya dan harganya setara onderdil mobil jepang
ASC + T
Jok semi bucket nyaman untuk jarak jauh dan bisa ditarik bwat selonjoran
Heater kaca depan + belakang
AC digital Dual Zone
Sensor dan elektrik banyak tapi blum rumit
Sasis sama persis dengan M3
Transmisi masih bisa menggunakan oli ATF Dextron 3 dan memliki mode sport & snow
Immobilizer
Onboard computer yang membantu memberi tahu keadaan mobil
Alternator standar cukup besar (120A)
Lampu depan sudah proyektor
Penempatan aki di bagasi membuat distribusi bobot lebih optimal + ruang aki besar ( bisa dikasih aki ukuran jauh lebih besar )
Lampu kabin banyak
Dashboard driver oriented
Econometer membantu melihat konsumsi bahan bakar secara real time
Sensor rem yang akan memberitahukan kalau kanvas rem sudah tipis
Beberapa bagian spare part sudah bisa beli secara satuan tidak harus 1 set
Spion multivex bikin pandangan lebih luas + heater bikin ga berembun
Negatif :
Dalamnya sempit hanya setara sedan jepang 1800cc tahun 90an
Plastik pilar A banyak yg lepas karena klem2anya termakan usia ( bisa di lem lg)
Kalau lg kecepatan < 20 kmh wiper dalam posisi on maka akan otomatis jadi mode intermitent ( bayangin kalo lg macet + hujan angin ) jadi harus sering pasang mode fast
Masalah nikasil pada mesin yg bikin mesinya ga tahan sulfur tinggi ( untung skrg ada pom bensin luar )
Bantingan lumayan keras untuk sedan sekelasnya (efek dari suspensi sport)
Bagasi kecil untuk mobil sekelasnya
Tonjolan rumah gardan di kabin belakang
Laci penyimpanan
Per pedal gas suka bunyi seperti pintu karatan ( harus sering di semprot wd )
Masih suka dikerjain ama bengkel2 ga jelas yg ga ngerti bmw
Mesin inline 6 butuh oli lumayan banyak tiap ganti oli
Lampu std H1 55w , bayangin aja ditambah proyektor jd kyk apaan buramnya
Ringkasan :
Mobil canggih yang simpel pada zamanya dengan teknologi mobil terbaru ditambah dengan handling dan performa yang sempurna.
Sumber http://bmwcci-jakartachapter.org/2014/08/21/review-mobil-bmw-seri-3-e36-318i320i323i-atmt/
Tidak ada yang bisa dikatakan selain “Ultimate Driving Machine”.
Pendapat ReviewMobils(subjective):
Jika anda hobi dalam berkendara, inilah mobil yang tepat untuk anda. Sebelum memilih mobil lain, saya rekomendasikan untuk mencoba test drive mobil ini dahulu.
Saya pernah memiliki kesempatan untuk mencoba 318i, 320i, dan 323i. ReviewMobilsSangat sarankan untuk mengambil minimal seri 320i. Karena tenaga dengan bobot yang ditawarkan sangat tepat, sebab mesin 1800cc di 318i terlalu kecil dan kurang hidup untuk mobil ini. Saya juga menyarankan transmisi manual jika ingin merasakan semua potensial dari E36.
Kemudian, jika meninginkan mobil ini coba pilih yang diatas tahun 95 atau 320i yang tahun 92/93 yang belum VANOS, karena anda akan dapat merasakan bedanya dan hentakannya tentunya.
Saya tidak bisa mengatakan seperti apa rasanya menggunakan mobil ini. Namun inilah mobil ternyaman dan sempurna dalam urusan handlingnya dari semua mobil yang pernah saya coba. Dan sampai saat ini predikat terbaiknya masih dipegang oleh mobil ini.
Review Mobil BMW E36 323i AT
Merk: BMW
Model: 323i AT
Transmisi: AT 5 Speed
Tahun Pembuatan: 1997
Harga Baru: Ga tau
Harga Second: 60 – 100 jt-an (tergantung Kondisi)
Untuk gambar sama dengan ulasan E36 sebelumnya
Spesifikasi Kendaraan:
Spesifikasi Mobil BMW E36 323i AT
Engine : Inline 6
Engine Code : M52B25
Fuel : Petrol
Fuel System : Siemens DME MS41.0
Engine Alignment : Longitudinal
Drive : RWD
Displacement : 2497 cc
Bore x Stroke : 84 x 75 mm
Type : 24 Valves
Compression Ratio : 10.5 :1
Output : 170 hp (125 kW) @ 5500 rpm
Torque : 245 Nm (180 lb.ft) @ 3950 rpm
Front Brakes : Vented Discs (286 mm)
Rear Brakes : Vented Discs (275 mm)
Kerb Weight : 1385 kg
Front Suspension : McPherson struts
Rear Suspension : Multi-Link Z-Axle
Top Speed : 227 km/h (141 Mph)
VANOS
Dual zone digital AC
Tirai Belakang
Single Airbag
ASC+T (Automatic Stability Control+traction) , seperti VSA pada honda CRV baru
ABS
Multivex Electric mirror + heater
Spion tengah anti silau ( ga perlu mode siang-malam, ga tau istilahnya )
Onboard Computer
Drive by wire
Lampu depan proyektor
Std Emisi EURO 2
Ulasan:
Flagship BMW E36 yang masuk secara resmi ini merupakan jawaban BMW pada zamannya untuk memberikan suatu solusi untuk mereka yang menginginkan sebuah sedan yang kompak namun dengan teknologi dan fitur yang segudang serta memiliki performa yang terbaik di kelasnya.
Dikarenakan konfigurasi mesin yang menggunakan mesin 6 silinder segaris dan 2500cc membuat kap depan mobil ini terasa sangat panjang serta banyak orang yang mengkategorikan mobil ini ke kelas medium size sedan, sementara dari dimensinya, mobil ini masuk ke dalam kelas small executive sedan ( setelah anda mencoba untuk mengendarai mobil ini maka anda akan merasakan bahwa mobil ini adalah mobil yang tidak terlalu besar)
Dengan karakter mobil yang sport maka tidaklah heran posisi mengemudi mobil ini benar-benar seperti mobil sport. Dengan posisi duduk yang sangat rendah walaupun untuk beberapa orang hal ini cukup mengganggu. Bentuk body yang sama persis dengan 318i membuat banyak orang mengira 318i dan banyak orang yang tidak tahu akan perbedaanya dengan 318i padahal secara performa dan fitur mobil ini jauh diatas 318i.
Positif :
Body tidak begitu besar
Radius putar
Handling + rem
Performa std cukup baik (mesin 2500cc di mobil kecil)
Peredaman
Mesin 6 silinder yang halus dan hampir tanpa suara walaupun dijalankan pada rpm tinggi suara juga tidak terdengar seperti mesin yang meraung (dengan catatan mesin sehat )
Perawatan yang terjangkau dikarenakan mulai banyak parts aftermarketnya dan harganya setara onderdil mobil jepang
ASC + T
Jok semi bucket nyaman untuk jarak jauh dan bisa ditarik bwat selonjoran
Heater kaca depan + belakang
AC digital Dual Zone
Sensor dan elektrik banyak tapi blum rumit
Sasis sama persis dengan M3
Transmisi masih bisa menggunakan oli ATF Dextron 3 dan memliki mode sport & snow
Immobilizer
Onboard computer yang membantu memberi tahu keadaan mobil
Alternator standar cukup besar (120A)
Lampu depan sudah proyektor
Penempatan aki di bagasi membuat distribusi bobot lebih optimal + ruang aki besar ( bisa dikasih aki ukuran jauh lebih besar )
Lampu kabin banyak
Dashboard driver oriented
Econometer membantu melihat konsumsi bahan bakar secara real time
Sensor rem yang akan memberitahukan kalau kanvas rem sudah tipis
Beberapa bagian spare part sudah bisa beli secara satuan tidak harus 1 set
Spion multivex bikin pandangan lebih luas + heater bikin ga berembun
Negatif :
Dalamnya sempit hanya setara sedan jepang 1800cc tahun 90an
Plastik pilar A banyak yg lepas karena klem2anya termakan usia ( bisa di lem lg)
Kalau lg kecepatan < 20 kmh wiper dalam posisi on maka akan otomatis jadi mode intermitent ( bayangin kalo lg macet + hujan angin ) jadi harus sering pasang mode fast
Masalah nikasil pada mesin yg bikin mesinya ga tahan sulfur tinggi ( untung skrg ada pom bensin luar )
Bantingan lumayan keras untuk sedan sekelasnya (efek dari suspensi sport)
Bagasi kecil untuk mobil sekelasnya
Tonjolan rumah gardan di kabin belakang
Laci penyimpanan
Per pedal gas suka bunyi seperti pintu karatan ( harus sering di semprot wd )
Masih suka dikerjain ama bengkel2 ga jelas yg ga ngerti bmw
Mesin inline 6 butuh oli lumayan banyak tiap ganti oli
Lampu std H1 55w , bayangin aja ditambah proyektor jd kyk apaan buramnya
Ringkasan :
Mobil canggih yang simpel pada zamanya dengan teknologi mobil terbaru ditambah dengan handling dan performa yang sempurna.
Sumber http://bmwcci-jakartachapter.org/2014/08/21/review-mobil-bmw-seri-3-e36-318i320i323i-atmt/
No comments:
Post a Comment